Sabtu, 29 September 2012

Metodologi Pembelajaran


PEMBAHASAN
METODOLOGI PEMBELAJARAN

A.    Pengertian Metodologi
Kata “Metodologi” berasal dari bahasa Yunani methodos yang berarti cara, dan logos yang berarti ilmu. Dengan demikian Metodologi dapat diartikan ; Suatu disiplin ilmu yang berhubungan dengan metode, peraturan, atau kaedah yang diikuti dalam ilmu pengetahuan.[1] (Komaruddin dan Yooke, 2000).
Metodik (Methodentic) sama artinya dengan metodologi (Methodology), yaitu suatu penyelidikan yang sistematis dan formulasi metode-metode yang akan digunakan dalam penelitian.[2]
Metodologi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Depdiknas, 2002 : 741), berarti “ ilmu tetang metode, uraian tentang metode”.
B.     Pengertian Pembelajaran
Istilah “pembelajaran” sama dengan “instruction atau “pengajaran”.  Pengajaran mempunyai arti cara mengajar atau mengajarkan. (Purwadinata, 1967, hal 22). Dengan demikian pengajaran diartikan sama dengan perbuatan belajar (oleh siswa) dan Mengajar (oleh guru). Kegiatan belajar mengajar adalah satu kesatuan dari dua kegiatan yang searah. Kegiatan belajar adalah kegiatan primer, sedangkan mengajar adalah kegiatan sekunder yang dimaksudkan agar terjadi kegiatan secara optimal. Dan dapat ditarik kesimpulan bahwa Pembelajaran adalah usaha sadar dari guru untuk membuat siswa belajar, yaitu terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa yang belajar, dimana perubahan itu dengan didapatkannya kemampuan baru yang berlaku dalam waktu yang relative lama dan karena adanya usaha.
Pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang dan disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal.[3]
Pembelajaran adalah kegiatan yang di dalamnya terdapat proses mengajar, membimbing, melatih, memberi contoh, dan mengatur serta memfasilitasi berbagai hal kepada peserta didik agar biasa belajar sehingga tercapai tujuan pendidikan.
Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi yang dilakukan pendidik kepada peserta didik untuk memunculkan keinginan belajar dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan  melalui media, lingkungan, dan lainnya.
Pembelajaran menurut para ahli :
1.      Menurut Knowles, pembelajaran adalah cara pengorganisasian peserta didik untuk mencapai suatu tujuan pendidikan.
2.      Menurut Crow & Crow, Pembelajaran adalah pemerolehan tabiat, pengetahuan dan sikap.
3.      Menurut Munif Chatib, Pembelajaran adalah suatu proses transfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi.
4.      Menurut Oemar Hamalik, Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan belajar.

C.    Pengertian Metodologi Pembelajaran
Metodologi dapat diartikan ; Suatu disiplin ilmu yang berhubungan dengan metode, peraturan, atau kaedah yang diikuti dalam ilmu pengetahuan.[4] Pembelajaran adalah usaha sadar dari guru untuk membuat siswa belajar, yaitu terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa yang belajar, dimana perubahan itu dengan didapatkannya kemampuan baru yang berlaku dalam waktu yang relatif lama dan karena adanya usaha.
Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa metodologi pembelajaran adalah :
1.      Metodologi pembelajaran adalah ilmu yang membahas tentang cara-cara yang digunakan untuk melaksanakan suatu proses interaksi antara pebelajar dan pebelajar agar tujuan yang telah ditentukan dalam pendidikan dapat tercapai.
2.      Metodologi pembelajaran adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara-cara seorang guru dalam membimbing, melatih, memberi contoh, dan mengatur serta memfasilitasi berbagai hal kepada peserta didik agar biasa belajar sehingga pengajaran tersebut sesuai dengan daya serap peserta didik
3.      Metodologi pembelajaran adalah ilmu yang membahas tentang segala usaha seorang guru yang sistematis dan pragmatis untuk mencapai tujuan pendidikan melalui proses pembelajaran dengan berbagai aktivitas baik itu di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.













KESIMPULAN

Dari hasil pembahasan metodologi pembelajaran yang ada di atas dapat penulis simpulkan yakni sebagai berikut :
·         Metodologi berarti ilmu tentang metode
·         Metodologi adalah suatu disiplin imu yang berhungan dengan metode, peraturan, atau kaidah-kaidah yang diikuti dalam ilmu pengetahuan
·         Pembelajaran bermakna sebagai upaya membelajarkan seseorang/kelompok orang yang berbagai upaya dan strategi metode dan pendekatan kearah pencapaian suatu tujuan yang telah direncanakan. Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dan tenaga pendidikan serta sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang berupa kegiatan dan intervensi
·         Proses pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah di susun dalam bentuk kegiatan yang nyata.
·         Metodologi pembelajaran adalah ilmu yang membahas tentang cara-cara yang digunakan untuk melaksanakan suatu proses interaksi antara pebelajar dan pebelajar agar tujuan yang telah ditentukan dalam pendidikan dapat tercapai. Dengan cara membimbing, melatih, memberi contoh, dan mengatur serta memfasilitasi berbagai hal kepada peserta didik agar biasa belajar sehingga pengajaran tersebut sesuai dengan daya serap peserta didik dengan berbagai aktifitas baik itu di dalam sekolah maupun di luar sekolah.







DAFTAR PUSTAKA

Hidayat Syah. 2010. Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verifikatif, Cet.Pertama, Pekanbaru: Suska Press
Zakiah Daradjat, Dkk. 2008. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara
S. Winataputra. 2008. Belajar dan Mengajar, Surakarta: Lima Aksara






















[1] Hidayat Syah, Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verifikatif, Cet.Pertama, Pekanbaru: Suska Press, 2010. hlm. 13
[2]  Zakiah Daradjat, Dkk. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008, hlm. 1
[3]  S. Winataputra, Belajar dan Mengajar, Surakarta: Lima Aksara, 2008. hlm.40
[4] Hidayat Syah, Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verifikatif, Cet.Pertama, Pekanbaru: Suska Press, 2010. hlm. 13

2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum.
    slm kenal mbk, aku izin copas ya untuk menjawab tugas akhir semester ak ini.makasih post.n ny sngt membantu :)

    BalasHapus